Cara Mengkafani Jenazah Laki ataupun Perempuan

Ditulis oleh: -
Alhamdulillah bisa posting lagi nih ,pada posting kali ini share Cara Mengkafani Jenazah Laki ataupun Perempuan yang sebelumnya saya postingCara Memandikan Jenazah atau mayit


tata cara syarat mengkafani jenazah laki ataupun perempuan


Cara Mengkafani Jenazah Laki ataupun Perempuan - nerusin potingan kemaren cara memandikan jenazah , sekarang saya share bagaimana caranya untuk Mengkafani Jenazah Laki - laki ataupun Perempuan , dalam Mengkafani Jenazah laki - laki dan perempuan sangatlah berbeda . perbeda'an nya tidaklah banyak melainkan sedikit karena perbeda'annya hanya berbeda dalam lapisan kain kafan atau morinya saja .


UKURAN DARI KAIN KAFAN UNTUK JENAZAH :
Panjang kain kafan ± 15,5 meter, dengan potongan kain sebagai berikut :
a. Kafan 2 lapis dengan panjang @ 2,5 m X lebar kain + 0,5 m lebar potong kain. Total 7,5 meter
b. Baju dengan panjang 2,5 meter, diambil 2/3 dari lebar. Sisanya 1/3 untuk sorban. Total 2,5 meter
c. 1,5 meter untuk lengan baju, 2/3 dari lebar untuk baju. Sisanya 1/3 untuk anak baju. Total 1,5 meter
d. 1 meter untuk sal atau selendang. Total 1 meter
e. 1,5 meter untuk ikat pinggang (1/3 dari lebar). Total 1,5 meter


Pertama siapkan segala sesuatunya yang diperlukan untuk mengkafani mayat (kain kafan dan lain-lain). Kemudian sobek bagian tepi/pinggir kain kafan tersebut, setelah itu potong kain kafan tersebut (sesuaikan dengan ukuran pemotongan kain kafan sebagaimana telah disebut pada huruf B di atas). Hal tersebut hendaklah disesuaikan dengan kondisi badan / fisik si mayat.
Seterusnya buatlah bajunya, kain sarungnya, cawatnya serta sorban bagi mayat laki-laki atau kerudung bagi mayat perempuan. Disunnatkan pada pertama kali menyobek kain tersebut dengan membaca :

(Allahummaj’al libaasahu (ha) ‘anil kariim wa adkhilhu (ha) Ya Allahu ta’ala birahmatikal Jannata yaa arhamarraahimiin.

Adapun cara meletakkan kain kafan itu ialah dibujurkan ke arah kiblat (letak kaki mayat ke arah qiblat) jika tempat mengizinkan. Susunannya adalah sebagai berikut :
a. Letakkan tali kain kafan sebanyak 5 helai
b. Kain kafan pertama dibentangkan
c. Ikat pinggang mayat dibentangkan
d. Kain kafan kedua dibentangkan
e. Selendang / sal dipasang
f. Sorban dibentangkan di atas sal / selendang
g. Baju dibentangkan
h. Anak baju dibentangkan di atas baju
i. Kain sarung dibentangkan di atas baju
j. Kapas ditebarkan di atas baju dan kain sarung
k. Selasih serbuk cendana dan wewangian ditabur di atas kapas
Hendaknyalah mendahulukan kain yang kanan dari pada kain yang kiri

NB:
Sebenarnya mengkafani Jenazah itu sama saja, yaitu dengan maksud membungkus kain itu ke seluruh tubuh si mayat sehingga tidak ada lagi bagian tubuh yang terbuka. Bagi mayat laki-laki diutamakan lima lapis kain selain gamis (baju dan sorban) dan bagi mayat perempuan lima lapis kain selain telekung / kerudung dan celana Dalemnya . namun demikian atas ketiadaan, cukup sekedar menutupi seluruh anggota tubuhnya saja.

Demikian hanya sedikit yang bisa saya share pada pertemuan kali ini yaitu " Cara Mengkafani Jenazah Laki ataupun Perempuan " semoga Artikel ini bisa bermanfa'atbagi sobat .

14komentar:

  1. Replies
    1. makasih sob udah berkenan mampir :)
      bisa buat ngumpulin tugas sekolah nih sob , haha

      Delete
  2. posting sangat bermanfaat, jarang2 ada postingan kyk begini. salut :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe ,. ini postingan aku dapet dari tugas sekolah kok sob , hehe
      iseng'' ngisi postinga dari pada nggak post :D

      Delete
  3. infonya sangat nermanfaat bgt sobat.. thanks yah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke sob , cuman tugas dari sekolah kok sob , :)

      Delete
  4. Replies
    1. wkwkw ,. kalo merinding jangan dilihat pakde ,. ntar kalo lihat pakde malah bangun ntar mayatnya ., wkkwkw
      makasih pakde udah berkenan mampir :)
      suatu kehormatan karena pakde uda berkenan mampir di gubuk saya ., :) makasih pakde :D

      Delete
  5. mohon di perbaiki lagi donk.....
    jumlah tali ada 7 bukan 5... kcuali untuk anak2...

    untuk sorban... yang saya tau nabi tidak memakainya.....

    ReplyDelete
  6. Belajar mengkafani. Smoga bisa bermanfaat.amin

    ReplyDelete
  7. Assalamu'alaikum wr wb
    De nabbeh yg soleh, ilmunya sangat bermanfaat trims, tapi itu ada iklan yg ga pantas muncul itu perut wanita kelihatan itu kan aurat, kalau bisa diprotek saja supaya tidak muncul iklan yg tak pantas ya de ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. walaikumussalam :)
      eh, iya sob, mkasih masukan kritikannya :) hehe

      Delete