Objek wisata pantai ngebum kendal

Ditulis oleh: -
Alhamdulillah bisa posting lagi nih ,pada posting kali ini share Objek wisata pantai ngebum kendal yang sebelumnya saya posting  Laporan Study Tour

Objek Wisata Pantai Ngebum Kendal

 Objek wisata pantai ngebum kendal - (Ngebom) berada di pesisir pantai utara masuk di wilayah Kabupaten Kendal, lebih tepatnya di Desa Mororejo, Kecamatan kaliwungu ,  Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Berbatasan dengan  Laut Jawa di utara,  Kota Semarang dan Kabupaten Semarang di timur,  Kabupaten Temanggung di selatan, serta Kabupaten Batang di barat.  Pantai ini di beri nama mirip dengan pantai Ngebum atau Ngebom yang berada di Kota Pekalongan. Tidak begitu jelas kenapa namanya mirip. Hal yang sama juga berlaku untuk nama Curug (waterfall) Lawe yang ada di Kebun teh Medini Kendal dan Curug Lawe Kalisidi Kecamatan Gunungpati. Namun sebagian masyarakat ada yang memberi nama Pantai Ngebum dengan sebutan Pantai Mororejo. Karena Pantai ini merupakan wilayah sekaligus tempat mata pencaharian Desa Mororejo.

Objek wisata pantai ngebum kendal

Wisata laut di Desa Mororejo Kaliwungu ini  hampir setiap minggu dipadati ribuan warga Kendal dan sekitarnya. Wisata pantai Ngebum Kaliwungu bisa dibilang wisata murah, hanya dengan Rp 2000 warga bisa menikmati keindahan laut, dengan melihat kapal besar melintas.

Meski tidak dikelola pemerintah daerah, wisata Pantai Ngebum ini menjadi alternatif bagi warga Kendal yang ingin berwisata bersama keluarga menikmati keindahan pantai. Safitri misalnya, warga Mangkang Semarang ini mengaku senang berwisata bersama keluarga di pantai Ngebum. “Tiket masuknya murah, pantainya juga tidak terlalu kotor jadi anak-anak bisa berenang,” katanya.

Fasilitas di Pantai Ngebum juga mulai banyak, dari penyewaan perahu karet, pelampung dan gubug bagi pengunjung sejumlah arena hiburan juga sudah ada. Seperti kereta mini, kuda wisata hingga ATV. Pedagang makanan juga tersaji lengkap, dari sate, ikan asin, makanan siap saji hingga makanan tradisional.

Namun demikian banyak fasilitas yang dikeluhkan pengunjung, selain akses masuk jalan yang rusak juga tarif parkir yang tinggi. Untuk mobil roda 4 pengunjung ditarik parkir hingga Rp 5000 sedangkan sepeda motor Rp 3000. “Sayang parkir disini malah, lebih mahal dari tiket masuknya.

Bagi sobat yang memulai dari arah Kota Semarang, bisa di tempuh dengan waktu sekitar 30menit. Jalur yang harus ditempuh melewati beberapa titik seperti Tugu – Mangkang – Kota Kaliwungu – Jalan Laut – Mororejo (Pabrik Kayu Lapis Indonesia) – Pantai Ngebum. Atau jalur yang lain melewati Mangkang – Jalur lingkar Kendal – (sekitar 3km kemudian) ada tanda atau plang Pantai Mororejo (Pantai Ngebum) di sebelah kiri sebelum jalan naik – Belok kiri ke arah jalan kecil – Mororejo – Pantai Ngebum. Untuk yang satu ini disarankan sobat untuk pelan dan tidak mendadak waktu berbelok. Tenang saja, karena ketika sudah terlanjur melewati belokan, sekitar 10meter kemudian ada bebepa belokan ke arah kiri yang lain. gampang banget kan ? hehe

Objek wisata pantai ngebum kendal


Pantai yang sangat luas terbentang dari timur berbatasan dengan Pabrik kayu lapis dan sebelah barat nun dekat disana terlihat dermaga Kota Kendal yang mengagumkan. Karena kondisi pantai yang tidak terlalu landai seperti  kebanyakan pantai selatan jawa, petualang bisa lebih leluasa untuk berenang. Namun tidak di anjurkan untuk terlalu jauh menuju laut. Apabila tidak pintar berenang atau membawa anak-anak, bisa menyewa pelampung ban yang banyak disediakan di pinggir pantai. Tinggal memilih ukuran ban yang besar atau kecil, suka-suka saja.

Objek wisata pantai ngebum kendal

Walaupun tidak memiliki pasir putih yang indah, pantai Ngebum juga tak kalah indah. Pantai ini cenderung memiliki warna pasir yang gelap dan kecoklatan. Beberapa nampak mulai menghitam, entah karena kondisi pasir atau beberapa orang suka melakukan aktivitas membakar api unggun yang menyebabkan sisa arang tertempel di pasir. Pantai Ngebum lumayan bersih, walaupun disana-sini ada sampah plastik yang tergeletak menyedihkan. Sebagai saran saja, makanlah sesukanya namun jangan buang sampah sesukanya disembarang tempat. Pantai Ngebum memiliki tempat sampah yang tersedia dimana-mana, jadi jangan malu untuk membuang sampah di tempat yang semestinya.

untuk masalah pasir jangan dipikir walaupun pasirnya bukan pasir putih , tapi di pantai ngebum kita juga bisa melihat pemandangan sunset (Matahari Terbenam) .
So, bila berada di sekitar Kaliwungu atau memiliki kesempatan waktu silakan untuk berkunjung di pantai Ngebum dengan harga yang merakyat. Dekat dengan dermaga Kendal, dengan kemudahan akses yang dimiliki. Jangan lupa untuk mengabadikan setiap moment yang ada di pantai Ngebum, Mororejo, Kaliwungu, Kendal. 

Demikian info tentang " Objek wisata pantai ngebum kendal " Semoga Reviuw ini bisa Menjadikan Tempat Anda Berlibur Bersama Keluarga dan Sanak Family Anda . 

9komentar: