Cara Memandikan Jenazah atau mayit

Ditulis oleh: -
Alhamdulillah bisa posting lagi nih ,pada posting kali ini share Cara Memandikan Jenazah atau mayit yang sebelumnya saya posting Cara buat Show Hidden di Sidebar blog dengan Cantik

cara Memandikan Jenazah laki ataupun Perempuan


Anda muslim ? Alhamdulillah kalau iya , sama seperti saya :)
bagi umat islam untuk tahu cara memandikan jenazah laki'' ataupun perempuan sebenarnya tidaklah wajib , tapi kita sebagai orang yang mengaku beragama islam setidaknya kita kan tahu , sedikitlah , apalagi jikalau anda berada di posisi sepeti saya . anak pondok , haha anak pondok identik di masyarakat utuk selalu pedoman yang sudah bisa masalah agama , hehe 

Dalam Mengurus jenazah laki-laki ataupun perempuan , ada Tata Cara nya , nah untuk pada pertemuan kali ini saya akan bahas sedikit tetang bagaimana Tata Cara dan Syarat Memandikan Jenazah laki-laki ataupun Perempuan ,Langsung saja kita masuk kepembahasannya :

Pertama, Syarat orang yang memandikan jenazah Laki-laki atapun Perempuan :

  1. Sesuai wasiat si Jenazah. Jika si Jenazah Sebelum meniggal telah mewasiatkan kepada seseorang tertentu untuk memandikan jenazahnya ,maka orang itulah yang berhak memandikan Jenazah .
  2. Jika si jenazah tidak mewasiatkan kepada siapapun, maka yang berhak adalah ayahnya atau kakek-kakeknya, Ataupu anak laki-laki, cucu-cucunya yang laki-laki.

  3. Jika tidak ada yang mampu keluarga Jenazah boleh menunjuk oranng yang amanah lagi terpercaya untuk memandikannya.
  4. Jika si Jenazah adalah seorang wanita, jika tidak ada maka ibunya atau nenek-neneknya, kemudian anak perempuannya atau cucu-cucunya yang perempuan. Jika tidak ada, maka keluarganya boleh menunjuk seorang wanita yang amanah lagi terpercaya untuk memandikannya .
Kedua, Cara Memandikan Jenazah Laki-laki ataupun Perempuan :


  1. Persiapkan Peralatan-Peralatan yang diperlukan dalam Memandikan Jenazah, Peralatn yang harus dipersiapkan sebagi berikut :

    - Kapas
    - Dua buah sarung tangan untuk petugas yang memandikan
    - Sebuah spon penggosok
    - Alat penggerus untuk menggerus dan menghaluskan kapur barus
    - Spon-spon plastik
    - Shampo
    - Sidrin (daun bidara)
    - Kapur barus
    - Masker penutup hidung bagi petugas
    - Gunting untuk memotong pakaian jenazah sebelum dimandikan
    - Air
    - Pengusir bau busuk dan  Minyak wangi.

  2. Menutup Aurat si Jenazah ,Dianjurkan menutup aurat si Jenazah ketika memandikannya. Dan melepas pakaiannya, serta menutupinya dari pandangan orang banyak. Sebab si Jenazah barangkali berada dalam kondisi yang tidak layak untuk dilihat. Sebaiknya papan pemandian sedikit miring ke arah kedua kakinya agar air dan apa-apa yang keluar dari jasadnya mudah mengalir darinya.
  3. Tata Cara Memandikan si Jenazah , Seorang petugas memulai dengan melunakkan persendian jenazah tersebut. Apabila kuku-kuku jenazah itu panjang, maka dipotongi. Demikian pula bulu ketiaknya. Adapun bulu kelamin, maka jangan mendekatinya, karena itu merupakan aurat besar. Kemudian petugas mengangkat kepala jenazah hingga hampir mendekati posisi duduk. Lalu mengurut perutnya dengan perlahan untuk mengeluarkan kotoran yang masih dalam perutnya. Hendaklah memperbanyak siraman air untuk membersihkan kotoran-kotoran yang keluar.
  4. Mewludhukan Jenazah ,Selanjutnya petugas berniat (dalam hati) untuk memandikan jenazah serta membaca basmalah. Lalu petugas Mewludhukan jenazah tersebut sebagaimana wudhu untuk shalat. Namun tidak perlu memasukkan air ke dalam hidung dan mulut si mayit, tapi cukup dengan memasukkan jari yang telah dibungkus dengan kain yang dibasahi di antara bibir si mayit lalu menggosok giginya dan kedua lubang hidungnya sampai bersih.
  5. Membasuh Tubuh si Jenazah
    Setelah itu membasuh anggota badan sebelah kanan si mayit. Dimulai dari sisi kanan tengkuknya, kemudian tangan kanannya dan bahu kanannya, kemudian belahan dadanya yang sebelah kanan, kemudian sisi tubuhnya yang sebelah kanan, kemudian paha, betis dan telapak kaki yang sebelah kanan.


Demikian Syarat dan Tata Cara untuk Memandikan Jenazah laki-laki ataupun Perempuan , semoga share pada kali ini bisa bermafa'at bagi sobat .

16komentar:

  1. wah,.,. bagus nih sob,.,., bermanfaat sekali,.,
    jangan lupa kunjungan disini

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih udah mampir sob ., :) oke langsung TKP ,. :D

      Delete
  2. mantab infonya gan sangat berguna dan bermanfaat

    ReplyDelete
  3. alhamdulillah posting nya bermanfaat :)

    ReplyDelete
  4. maaf boleh saya bertanya,
    jika jenazah yang meninggal akibat kecelakaan dan berdampak sangan parah terhadap jenazah tersebut, kan kebanyak orang tidak dimandikan dulu, langsung di kuburkan, bahkan tidak di bungkus dengan kain kafan..
    apa itu hukumny?
    terimakasih

    ReplyDelete
  5. assalamualaikum..
    terimaasih untuk postingannya ustadz ;)

    insya alloh bermanfaat http://obatdiabetesalamijg.com/

    ReplyDelete
  6. terima kasih atas postingannya gan

    monggo di singgah ke blog saya
    https://dominoterpercaya.wordpress.com
    matur nuwun

    ReplyDelete
  7. Assalaamu alaikum yaa akhii, bisa lebih detail ngga mengenai peralatan mandi yang disyariatkan dan juga, penggunaan sabun serta pewangiannya

    ReplyDelete
  8. Thanks for sharing this blog its very informative and useful for us.

    ดูหนังออนไลน์

    ReplyDelete
  9. SUKA KALAH JUDI ?
    SUDAH TIDAK JAMAN NYA LAGI
    AYO GABUNG SEKARANG JUGA
    KAMI HADIR DENGAN INOVASI TERBARU DAN TERCANGGIH

    POKER - DOMINO - CAPSA - CEME
    Dengan Jackpot yang berlimpah
    Dan Mudah menang nya setiap hari (PIN BBM : 7AC8D76B)

    ReplyDelete
  10. WW2 B3 Sheepskin Shearling Flying Pilot Leather Bomber b3 bomber jacket
    A Truly Stunning Vintage WW2 shearling flying pilot leather bomber jacket size Large.

    This Garment Is In Very Good Condition For It's Age With No Rips, Holes Or Tears & The Internal Sheepskin Lining Is Also In Excellent Condition.

    There Does Appear To Be Some Signs Of General Wear, Repairs, Scuffs, Nicks Etc, Etc Etc In Places Which Only Further Enhances The Natural Character & Patina Of This Item And Is Due To The Unique History Of The Garment.

    It Also Appears to Have Had Some Restoration Work, New Zip Etc At Some Point In Order To Restore, And Preserve This Wonderful Garment.-

    ReplyDelete
  11. Obtenez la clé de produit www office com setup 2016 gratuitement et installez setup office com office 2019. Guide étape par étape pour setup office com download office

    ReplyDelete